TUGAS PAPER
Disusun Oleh :
Dian
Kusmawati (20130420051)
Mutia Oktariani (20130420511)
Endah
Mushonah (2013042)
Ivan
Satriatama (2013042)
Hari
Suprastowo (2013042)
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
2015
Pendahuluan
Dengan menggunakan metode MonsoonSim ,
atmosfer dalam belajar akan seperti suasana kompetisi, murid-murid akan dibagi
kedalam beberapa group untuk menjalankan perusahaan yang telah mengaplikasikan
sistem ERP, sehingga kerjasama tim dan pemahaman aliran data ERP sistem
merupakan kunci sukses dalam menjalankan roda bisnis perusahaan. Oleh karena
itu murid akan belajar dan memahami tentang ERP dari setiap keputusan yang
dibuat, baik itu berupa keputusan yang tepat ataupun yang tidak tepat.
Rumusan Masalah :
1.
Apa kegunaan dari
12 modul yang terdapat di monsoonsim ?
2.
Apa penyebab atau
kekurangan yang terdapat pada strategi sehingga profit pada tim 6 menurun ?
Finance
Bertanggung
jawab atas segala aktivitas keuangan, tugas utama dari jabatan ini yaitu
melakukan pengaturan, transaksi, membuat laopran keuangan perusahaan. Finance prinsipnya adalah seseorang yang
memegang uang, dia punya otorisasi untuk mengeluarkan dan menerima uang, baik
itu uang kas (biasanya dipegang “Kasir”), maupun uang-uang yang ada di bank,
deposito, dan investasi keuangan lainnya. selain itu, finance juga harus bisa
mengatur kebutuhan uang kas perusahaan.
PURCHASING
adalahMelakukan
proses pembelian barang agar tersedianya barang sesuai dengan permintaan
kebutuhan setiap departemen, agar operasional perusahaan dapat berjalan sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Tanggung
jawab Purchasing
-Membuat dan mencetak PO (Purchase Order) dan
mengirimkannya ke Vendor, agar proses pembelian dapat berjalan dengan baik
sesuai jadwal dan spesifikasi yang diinginkan.
-Melakukan input biaya- biaya yang timbul untuk
pengiriman barang yang dibebankan kepada penerima barang
-Membuat laporan bulanan untuk pembelian dan
outstanding PO, untuk menjadi bahan informasi bagi atasan dalam pengambilan
keputusan.
Retail
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi.
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi.
Barang dan Jasa
yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari jasa retail, retail membantu
produsen/distributor dan konsumen agar setiap kebutuhan akan keduanya dapat
terpenuhi. Secara garis besar dunia retail dibagi 4 bagian yaitu, peran dan
fungsi retail, strategi retail, merchandising management dan store managemen.
Dalam retail ada proses – proses yang dilakukan oleh beberapa badan usaha sebelum barang tersebut sampai kepada konsumen aktifitas ini dinamakan supply chain. Badan usaha tersebut yaitu Produsen/pabrik-Distributor/suplier-Retailer-Konsumen. Secara teknis alurnya berjalan secara vertical, namun seiring dengan perkembangan zaman sistem ini mengalami pembaharuan yang lebih modern.
Dalam retail ada proses – proses yang dilakukan oleh beberapa badan usaha sebelum barang tersebut sampai kepada konsumen aktifitas ini dinamakan supply chain. Badan usaha tersebut yaitu Produsen/pabrik-Distributor/suplier-Retailer-Konsumen. Secara teknis alurnya berjalan secara vertical, namun seiring dengan perkembangan zaman sistem ini mengalami pembaharuan yang lebih modern.
Marketing
Adalah
keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan
produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan
barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan
selalu memberikan perhatian yang maksimal terhadap hal ini agar tujuan
perusahaan bisa tercapai dengan baik. Selain itu juga, pemasaran adalah suatu
proses kegiatan menyeluruh dan terpadu yang terdapat di dalamnya individu
maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan
cara membuat produk, menetapkan harga, mengkomunikasikan sebuah informasi atau
mempromosikan dan menyalurkan melalui kegiatan pertukaran untuk memberikan
kepuasan terhadap konsumen dan perusahaan. Pemasaran dapat bertindak sebagai
pembeli maupun penjual. Misalnya seseorang ingin membeli sebuah rumah yang baru
saja akan dijual. Masing-masing calon pembeli berusaha memasarkan diri kepada
penjual.
Warehouse dan Logistic
merupakan
bagian yang menangani administrasi pergudangan, yang berhubungan langsung
dengan kepala gudang. Selain menangani administrasi pergudangan, pada bagian
ini juga harus tanggap pada SDM di gudang.
Tugas Warehouse
and Logistic
·
Membuat laporan mengenai pergudangan dan logistic
·
Membuat anggaran tahunan
·
Memastikan kesesuaian data pada komputer dengan keadaan
langsung stock barang pada gudang
·
Bertanggung jawab pada proyek
·
Melakukan survei kinerja SDM
·
Menyiapkan perencanaan training sesuai kebutuhan
·
Melakukan pelatihan dalam rangka pengembangan SDM
·
Melakukan pemenuhan kebutuhan gudang beserta infrastuktur
dan SDM nya
·
Membuat Standar Operasional Perusahaan yang berhubungan
dengan gudang
·
Mengembangkan Standar Operasional Perusahaan yang
berhubungan dengan gudang
·
Membuat memo internal yang berhubungan dengan pergudangan
B2B
B2B
adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu
ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
- Disebut juga transaksi antar
perusahaan
- Transaksinya menggunakan EDI
dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
- Digunakan untuk pengiriman dan
permintaan proposal bisnis.
keterangan :
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
Produksi
Produksi merupakan kegiatan
untuk menciptakan danan menambah kegunaan (Utility) suatu barang dan
jasa.
Perusahaan menggunakan proses
produksi terus-menerus apabila di dalam perusahaan terdapat urutan-urutan yang
pasti sejak dari bahan mentah sampai proses produksi akhir. Proses produksi
terputus-putus apabila tidak terdapat urutan atau pola yang pasti dari bahan
baku sampai dengan menjadi produk akhir atau urutan selalu berubah (Ahyari,
2002).
Penentuan tipe produksi didasarkan
pada faktor-faktor seperti: (1) volume atau jumlah produk yang akan dihasilkan,
(2) kualitas produk yang diisyaratkan, (3) peralatan yang tersedia untuk
melaksanakan proses. Berdasarkan pertimbangan cermat mengenai faktor-faktor
tersebut ditetapkan tipe proses produksi yang paling cocok untuk setiap situasi
produksi.
Material Requirement
Planning (MRP)
MRP merupakan sistem
informasi berbasis komputer yang didisain untuk memesan dan menjadwalkan
permintaan (raw material, komponen dan sub assemblies) dengan cara yang
terkoordinasi. Perencanaan MRP ini mencakup semua kebutuhan akan semua komponen
MRP yaitu kebutuhan material, dimana terdapat dua fungsi dengan diterapkannya
MRP yaitu Pengendalian persediaan dan Penjadualan produksi. Sedangkan tujuan
dari MRP itu sendiri adalah untuk menentukan kebutuhan sekaligus untuk
mendukung jadwal produksi induk, mengendalikan persediaan, menjadwalkan
produksi, menjaga jadwal valid dan up-to date, serta secara khusus
berguna dalam lingkungan manufaktur yang kompleks dan tidak pasti.
Plan
Proses
mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu,
dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari
semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana
informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak
tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan
rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi
dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota
korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana
itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan
kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.
Maintenance
Merupakan suatu kobinasi dari
berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau
memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima.
Tujuan
Maintenance
Suatu
kalimat yang perlu diketahui oleh orang pemeliharaan dan bagian lainnya bagi
suatu pabrik adalah pemeliharaan ( maintenance ) murah sedangkan perbaikan (
repair ) mahal.
Menurut Daryus A, (2008) dalam bukunya manajemen pemeliharaan mesin Tujuan pemeliharaan yang utama dapat didefenisikan sebagai berikut:
- Untuk memperpanjang kegunaan
asset,
- Untuk menjamin ketersediaan
optimum peralatan yang dipasang untuk produksi dan mendapatkan laba
investasi maksimum yang mungkin,
- Untuk menjamin kesiapan
operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat
setiap waktu,
- Untuk menjamin keselamatan
orang yang menggunakan sarana tersebut.
Human Resource
Merupakan suatu proses menangani
berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan
tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan
demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya
mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya
manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang berkelanjutan yang
bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang
yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat
organisasi memerlukannya
Customer Service
Tugas
dan fungsi customer service adalah seorang customer service harus pandai dalam
mencari jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah yang dihadapi
oleh pelanggan atau tamunya. Tugas customer service yaitu memberikan pelayanan
yang prima dan membina hubungan baik dengan nasabah, klien atau pelanggan.
Seorang customer rervice juga harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir
dari pelayanan tersebut.
Pembagian
Tugas kelompok
·
Dian Kusmawati
Retail ( set
price)
Set
price berfungsi untuk memudahkan anda melakukan transaksi penjualan kolom unit
price pada form sales order/sales invoice dapat terisi secara otomatis. Dengan
menu ini dapat menaikkan harga barang sesuai dengan kebutuhan. Harga jual
barang dapat diatur sampai maksimal 5 level. Level harga jual memungkinkan anda
menjual satu item dengan harga jual yang berbeda tergantung kepada customer
mana anda menjual barang tersebut.
B2B
Manfaat dan kegunaan B2B :
1. Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layanan B2B khusus
hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot
mencarinya dalam katalog produk.
2. Efektif dan efisien pelanggan B2B tidak perlu melewati
proses negoisasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal
kesepakatan kerja sama.
3. Keuntungan besar mengurangi biaya perusahaan untuk
administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
4. Kerahasiaannya aman dan terjamin sistemnya menggunakan
tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk
menjaga keamanan data pelanggan.
·
Mutia Oktariani
Warehouse&Logistic (Move Stock)
Warehouse merupakan bagian integral dari setiap
sistem logistik dan management rantai pasok, serta mempunyai peran penting
sebagai penghubung aliran material/barang dari produsen sampai ke konsumen
akir/pelanggan.
Warehouse
yang efisien adalah gudang yang mampu menekan biaya perawatannya, tetapi tidak
semudah itu menekan biaya perawatan gudang tersebut, bahkan pergudangan relatif
menghabiskan biaya 40-60% dari total keseluruhan biaya rantai pasok, jumlah
seperti ini bukan;ah jumlah yang sedikit, gudang dapat menghabiskan biaya
seperti ini dikarenakan gudang membutuhkan perawatan, sehingga isi dari gudang
tersebut tidak akan rusak.
Salah
satu fitur yang terdapat di warehouse adalah Move Stock. Move stock merupakan
salah satu kegiatan yang memperbaiki perputaran inventory dan mempercepat
proses pemesanan dari produksi hingga pengiriman utama.
B2B
Manfaat dan kegunaan B2B :
1. Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layanan B2B
khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot
mencarinya dalam katalog produk.
2. Efektif dan efisien pelanggan B2B tidak perlu melewati
proses negoisasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan
kerja sama.
3. Keuntungan besar mengurangi biaya perusahaan untuk
administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
4. Kerahasiaannya aman dan terjamin sistemnya menggunakan
tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk
menjaga keamanan data pelanggan.
·
Endah Mushonah
·
Ivan Satriatama
·
Hari Suprastowo
EmoticonEmoticon