PRAKTIK PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI


TUGAS PAPER
PRAKTIK PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI


Disusun Oleh :
Dian Kusmawati (20130420051)
Mutia Oktariani (20130420511)
Endah Mushonah (2013042)
Ivan Satriatama (2013042)
Hari Suprastowo (2013042)
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2015






Pendahuluan
Dengan menggunakan metode MonsoonSim , atmosfer dalam belajar akan seperti suasana kompetisi, murid-murid akan dibagi kedalam beberapa group untuk menjalankan perusahaan yang telah mengaplikasikan sistem ERP, sehingga kerjasama tim dan pemahaman aliran data ERP sistem merupakan kunci sukses dalam menjalankan roda bisnis perusahaan. Oleh karena itu murid akan belajar dan memahami tentang ERP dari setiap keputusan yang dibuat, baik itu berupa keputusan yang tepat ataupun yang tidak tepat.

Rumusan Masalah :
1.      Apa kegunaan dari 12 modul yang terdapat di monsoonsim ?
2.      Apa penyebab atau kekurangan yang terdapat pada strategi sehingga profit pada tim 6 menurun ?








Finance
Bertanggung jawab atas segala aktivitas keuangan, tugas utama dari jabatan ini yaitu melakukan pengaturan, transaksi, membuat laopran keuangan perusahaan.  Finance prinsipnya adalah seseorang yang memegang uang, dia punya otorisasi untuk mengeluarkan dan menerima uang, baik itu uang kas (biasanya dipegang “Kasir”), maupun uang-uang yang ada di bank, deposito, dan investasi keuangan lainnya. selain itu, finance juga harus bisa mengatur kebutuhan uang kas perusahaan.

PURCHASING
adalahMelakukan proses pembelian barang agar tersedianya barang sesuai dengan permintaan kebutuhan setiap departemen, agar operasional perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Tanggung jawab Purchasing
-Membuat dan mencetak PO (Purchase Order) dan mengirimkannya ke Vendor, agar proses pembelian dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal dan spesifikasi yang diinginkan.
-Melakukan input biaya- biaya yang timbul untuk pengiriman barang yang dibebankan kepada penerima barang
-Membuat laporan bulanan untuk pembelian dan outstanding PO, untuk menjadi bahan informasi bagi atasan dalam pengambilan keputusan.


Retail
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk keperluan pribadi.
Barang dan Jasa yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari jasa retail, retail membantu produsen/distributor dan konsumen agar setiap kebutuhan akan keduanya dapat terpenuhi. Secara garis besar dunia retail dibagi 4 bagian yaitu, peran dan fungsi retail, strategi retail, merchandising management dan store managemen.
Dalam retail ada proses – proses yang dilakukan oleh beberapa badan usaha sebelum barang tersebut sampai kepada konsumen aktifitas ini dinamakan supply chain. Badan usaha tersebut yaitu Produsen/pabrik-Distributor/suplier-Retailer-Konsumen. Secara teknis alurnya berjalan secara vertical, namun seiring dengan perkembangan zaman sistem ini mengalami pembaharuan yang lebih modern.

Marketing
Adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan selalu memberikan perhatian yang maksimal terhadap hal ini agar tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik. Selain itu juga, pemasaran adalah suatu proses kegiatan menyeluruh dan terpadu yang terdapat di dalamnya individu maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan cara membuat produk, menetapkan harga, mengkomunikasikan sebuah informasi atau mempromosikan dan menyalurkan melalui kegiatan pertukaran untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen dan perusahaan. Pemasaran dapat bertindak sebagai pembeli maupun penjual. Misalnya seseorang ingin membeli sebuah rumah yang baru saja akan dijual. Masing-masing calon pembeli berusaha memasarkan diri kepada penjual.

Warehouse dan Logistic
merupakan bagian yang menangani administrasi pergudangan, yang berhubungan langsung dengan kepala gudang. Selain menangani administrasi pergudangan, pada bagian ini juga harus tanggap pada SDM di gudang.
Tugas Warehouse and Logistic
·         Membuat laporan mengenai pergudangan dan logistic
·         Membuat anggaran tahunan
·         Memastikan kesesuaian data pada komputer dengan keadaan langsung stock barang pada gudang
·         Bertanggung jawab pada proyek
·         Melakukan survei kinerja SDM
·         Menyiapkan perencanaan training sesuai kebutuhan
·         Melakukan pelatihan dalam rangka pengembangan SDM
·         Melakukan pemenuhan kebutuhan gudang beserta infrastuktur dan SDM nya
·         Membuat Standar Operasional Perusahaan yang berhubungan dengan gudang
·         Mengembangkan Standar Operasional Perusahaan yang berhubungan dengan gudang
·         Membuat memo internal yang berhubungan dengan pergudangan

B2B
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
  • Disebut juga transaksi antar perusahaan
  • Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
  • Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.



Produksi
Produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan danan menambah kegunaan (Utility) suatu barang dan jasa.
Perusahaan menggunakan proses produksi terus-menerus apabila di dalam perusahaan terdapat urutan-urutan yang pasti sejak dari bahan mentah sampai proses produksi akhir. Proses produksi terputus-putus apabila tidak terdapat urutan atau pola yang pasti dari bahan baku sampai dengan menjadi produk akhir atau urutan selalu berubah (Ahyari, 2002).
Penentuan tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor seperti: (1) volume atau jumlah produk yang akan dihasilkan, (2) kualitas produk yang diisyaratkan, (3) peralatan yang tersedia untuk melaksanakan proses. Berdasarkan pertimbangan cermat mengenai faktor-faktor tersebut ditetapkan tipe proses produksi yang paling cocok untuk setiap situasi produksi.


Material Requirement Planning (MRP)
MRP merupakan sistem informasi berbasis komputer yang didisain untuk memesan dan menjadwalkan permintaan (raw material, komponen dan sub assemblies) dengan cara yang terkoordinasi. Perencanaan MRP ini mencakup semua kebutuhan akan semua komponen MRP yaitu kebutuhan material, dimana terdapat dua fungsi dengan diterapkannya MRP yaitu Pengendalian persediaan dan Penjadualan produksi. Sedangkan tujuan dari MRP itu sendiri adalah untuk menentukan kebutuhan sekaligus untuk mendukung jadwal produksi induk, mengendalikan persediaan, menjadwalkan produksi, menjaga jadwal valid dan up-to date, serta secara khusus berguna dalam lingkungan manufaktur yang kompleks dan tidak pasti.



Plan
Proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.  Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.


Maintenance
Merupakan suatu kobinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima.
Tujuan Maintenance
Suatu kalimat yang perlu diketahui oleh orang pemeliharaan dan bagian lainnya bagi suatu pabrik adalah pemeliharaan ( maintenance ) murah sedangkan perbaikan ( repair ) mahal.

Menurut Daryus A, (2008) dalam bukunya manajemen pemeliharaan mesin Tujuan pemeliharaan yang utama dapat didefenisikan sebagai berikut:
  1. Untuk memperpanjang kegunaan asset,
  2. Untuk menjamin ketersediaan optimum peralatan yang dipasang untuk produksi dan mendapatkan laba investasi maksimum yang mungkin,
  3. Untuk menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap waktu,
  4. Untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakan sarana tersebut.


Human Resource
Merupakan suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya


Customer Service
Tugas dan fungsi customer service adalah seorang customer service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan atau tamunya. Tugas customer service yaitu memberikan pelayanan yang prima dan membina hubungan baik dengan nasabah, klien atau pelanggan. Seorang customer rervice juga harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir dari pelayanan tersebut.



Pembagian Tugas kelompok
·       Dian Kusmawati
Retail ( set price)
            Set price berfungsi untuk memudahkan anda melakukan transaksi penjualan kolom unit price pada form sales order/sales invoice dapat terisi secara otomatis. Dengan menu ini dapat menaikkan harga barang sesuai dengan kebutuhan. Harga jual barang dapat diatur sampai maksimal 5 level. Level harga jual memungkinkan anda menjual satu item dengan harga jual yang berbeda tergantung kepada customer mana anda menjual barang tersebut.
B2B
                       Manfaat dan kegunaan B2B :
1.      Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk.
2.      Efektif dan efisien pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negoisasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
3.      Keuntungan besar mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
4.      Kerahasiaannya aman dan terjamin sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.



·       Mutia Oktariani
Warehouse&Logistic (Move Stock)
                Warehouse merupakan bagian integral dari setiap sistem logistik dan management rantai pasok, serta mempunyai peran penting sebagai penghubung aliran material/barang dari produsen sampai ke konsumen akir/pelanggan.
                               Warehouse yang efisien adalah gudang yang mampu menekan biaya perawatannya, tetapi tidak semudah itu menekan biaya perawatan gudang tersebut, bahkan pergudangan relatif menghabiskan biaya 40-60% dari total keseluruhan biaya rantai pasok, jumlah seperti ini bukan;ah jumlah yang sedikit, gudang dapat menghabiskan biaya seperti ini dikarenakan gudang membutuhkan perawatan, sehingga isi dari gudang tersebut tidak akan rusak.
                               Salah satu fitur yang terdapat di warehouse adalah Move Stock. Move stock merupakan salah satu kegiatan yang memperbaiki perputaran inventory dan mempercepat proses pemesanan dari produksi hingga pengiriman utama.

B2B
                       Manfaat dan kegunaan B2B :
1.      Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk.
2.      Efektif dan efisien pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negoisasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
3.      Keuntungan besar mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
4.      Kerahasiaannya aman dan terjamin sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.


·       Endah Mushonah
·       Ivan Satriatama
·       Hari Suprastowo






Previous
Next Post »