5 Wisata Alam Yang Ada di Riau

5 Wisata Alam Yang Ada di Riau 

 wisata Riau

Siapa bilang Riau hanya memiliki Minyak Bumi, Sawit, dan Kelapa? Riau juga memiliki objek-objek wisata alam yang menarik yang dapat memanjakan mata untuk refreshing setelah seminggu beraktivitas.
Apa aja wisata alam di Riau? Ini dia...

1.     Raja Ampat Kampar (Wisata Ulu Kasok)



Kabupaten kampar memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata alam, baru-baru ini warga Riau dihebohkan oleh wisata baru yang mirip dengan wisata di Papua sana (Raja Ampat) yang dinamakan oleh masyarakat sekitar oleh senutam wisata Ulu Kasok..

Ulu kasok terdapat di Provinsi Riau tepatnya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau.

Untuk menuju wisata ini pengunjung menempuh kurang lebih 2-3 jam dari Kota Pekanbaru, pengunjung juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, yaitu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.10.000 perorang.

Mau tau keindahan Ulu Kasok Raja Ampatnya Riau? Tunggu apalagi.... Tancapkan gas kendaraan anda kesini.. hehehe.

2.     Air Terjun Pangkalan Kapas


Air Terjun Pangkalan Kapas merupakan air terjun tertinggi di Riau. Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter kepermukaan tanah..
Lokasi air terjun ini berada di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar, Riau. Tumpahan air yang langsung menghujam kebawah menjadi daya tarik air terjun ini, airnya langsung turung kebawah tanpa menyentuh didinding permukaan tebing lainnya yang menghujam ke awan “Kata masyarakat sekitar”.

3.     Air Terjun Guruh Gemurai


Air tejun ini berada di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, Perbatasan Sumbar-Riau. Nama Guru Gemurai diambil dari bahasa setempat yang berarti air terjun yang bergemuruh percikannya/curahannya.
Air tejun ini memiliki 2 curahan, yang mana curahan pertama itu memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Selain itu , oengunjung juga dapat menikmati dengan caramandi didasar air terjun, karna terdapatnya wadah kolam penampunga, tunggu apalagi? Tancapkan gas kendaraan anda.

4.     Pulau Rupat


Pulau Rupat merupakan pulau yang terdapat di Kabupaten Bengkalis, Riau. Pulau rupat memiliki pesona alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata dibanding pulau-pulau lainnya, pulau ini dihuni sekitar 30.000 penduduk.
Pulau rupat banyak menyimpan pesona alam yang masih asri, mulai dari pemandangan sungai kecil yang mengalir tenang, hingga sungai besar yang membelah pulau. Selain itu juga terdapat pemandangan panorama pantai pasir putih yang mampu mencuri hati pengunjung.

Pulau rupat terdapat pantai  yang cukup terkenal, seperti Pantai Rhu di Desa Teluk Rhu, Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, Pantai Lapin di Desa Tanjung Punak, ataupun salah satu pantai yang sangat melegenda, yaitu Pantai Alohong dan Pantai Makeruh.

Nah. Untuk sampai ke Pulau Rupat, pengunjung dapat menggunakan  transportasi laut (Fery, SpeedBoad, serta Perahu Bermotor) dari Kota Dumai, yang masih termasuk dalam Provinsi Riau.
 Masih berfikir mau ke Pulau yang satu ini? Anda salah satu orang yang merugi, hehehe


5.     Ombak Bono


Ombak besar di laut itu merupakan hal yang biasa, ombak besar disungai itu baru Fenomena LUAR BIASA.
Ombak Bono terdapat di Sungai Kampar, Riau.

Ombak bono merupakan surga bagi para peselancar yang ingin merasakan hal baru yaitu berselancar di sungai dengan ketinggian air yang tidak bisa digolong kecil yaitu kira kira 4-6 meter, Tergantung bulan bulan tertentu, Ombak tertinggi biasa terjadi diantara bulan November dan Bulan mati / awal bulan melayu serta bulan purnama.

Penasaran? Buruan kunjungi wisata yang hanya ada 2 di dunia ini.




Nah. Itulah beberapa wisata alam yang ada di Provinsi Riau, siapa bilang di Riau tidak ada wisata alam, hanya saja kalian yang mungkin kurang mengExplore wisata lokal kita, cintai produk lokal, WONDERFUL RIAU, WONDERFUL INDONESIA. Orang luar Negri saja kesini, Kenapa kamu nggak?

-ADK-
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
July 11, 2017 at 12:57 AM delete

tancap gas deh besok selesai ujian ke raja ampat riau..dari pada jauh-jauh ke papua..wakwakwak

Reply
avatar